« Home | Rumah BukuBuku, Lagu, Film, Semua Ada di SiniPADA ... » | ”Ngabuburit” Sambil Belajar Kisah WayangOleh : Har... » | ”The Cinderella Man”, Bangkit dari KeterpurukanOle... » | Orang Sunda tak Peroleh Perhatianoleh : agus rakas... » | Bandung, Kota Buku yang Terlupakan BANDUNG sebenar... » | Artikel PR 7 September 2006 » | liputan profil PR_kampus 13 Juli 2006 »

Buku Bagus Pertama Pecahkan Cerita Misterimu

MENURUT pendapatmu, apa sih buku itu? Kamu mungkin membayangkan buku-buku sekolah yang sudah usang dan membosankan, atau buku-buku yang sudah berdebu di rak. Dan bagaimana dengan buku cerita, bukankah ia tak hanya untuk anak kecil, tetapi juga untuk kaum yang lebih dewasa juga?

Saya memang suka membaca. Orang tua saya sudah memperkenalkan buku-buku sejak saya masih bayi. Awalnya, saya melihat gambar-gambar dan belajar mencoba mengucapkan kata-kata sederhana, seperti “kucing” atau “rumah”. Sejalan dengan bertambahnya umur, orang tua mulai membacakan cerita dari buku-buku cerita. Jadi, saya dibesarkan dengan buku-buku di sekitar saya.

Ketika saya berumur 7 atau 8 tahun, saya mendapat buku berjudul “Well Done Secret Seven. Buku ini bercerita tentang tujuh anak yang membangun sebuah rumah kayu dan mendapati seorang anak laki-laki mengambil buku-buku, kue-kue, dan minuman-minuman mereka.
Siapakah anak laki-laki misterius itu dan mengapa ia bisa berada di sana? Kemudian mereka menemukan seorang anak laki-laki beserta kucingnya, dan tentang ceritanya yang aneh. Mereka membantu anak laki-laki tersebut kalau ternyata dia ada dalam bahaya. Secret Seven (Tujuh Sekawan-red.) ingin sekali menghentikannya. Tapi, bagaimana jika mereka salah? Bagaimana jika anak laki-laki yang mereka temui tadi berbohong? Apa yang akan mereka lakukan? Di sepanjang cerita, mereka berhadapan dengan misteri dan tantangan yang menarik!
Buku cerita ini dikarang oleh Enid Blyton. Buku tersebut merupakan satu di antara buku-buku cerita berseri tentang tujuh anak yang membentuk sebuah klab rahasia dan selalu berhasil mengungkap banyak misteri.

Ketika saya semakin besar, saya semakin banyak mendapat buku-buku Secret Seven dan bisa dilihat bagaimana si pengarang begitu lihai membangkitkan rasa penasaran dan bagaimana Secret Seven menghadapi banyak misteri yang harus dipecahkan. Saya telah membaca 19 dari 21 buku serinya.

Tanpa disadari, saya telah memiliki sebagian besar buku-buku Seven Secret (dan juga sebagian besar buku-buku Great Five (Lima Sekawan-red.). Saya membacanya berkali-kali. Saudara laki-laki saya juga membacanya dan meskipun saya tidak terlalu menikmati membaca, tetapi 19 buku cerita tersebut sangat membantu saya untuk belajar mencintai membaca dan saya tahu kalau membaca buku-buku itu cukup rumit.

Saya juga suka membaca buku-buku karangan Roahld Dahl karena cerita-ceritanya kocak dan menarik. Ada beberapa buku bagus untuk dibaca ketika kamu sedang bete dan butuh tertawa! Beberapa dari karya besar yang dia tulis antara lain: James and the Giant Peach, George’s Marvellous Medicine, Matilda, dan The Giraffe, dan Pelly and Me.

Jadi, saya ingin katakan kepada siapapun, jika kita ingin anak-anak kita membaca, cari buku-buku bagus yang mereka sukai. Jika mereka suka ceritanya, mereka akan baca karena mereka ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Jika kamu banyak membaca, maka dunia akan menjadi sebuah tempat yang lebih besar sejalan dengan apa yang kamu temukan mengenai orang-orang dan tempat-tempat. Jadi, matikan TV-mu dan ambil sebuah buku, kamu tidak pernah tahu apa yang akan kamu temukan.
***

(Emily Duff, pelanggan setia ReadingLights the second-hand bookshop, berusia 11 tahun, berasal dari Inggris dan kini tinggal di Indonesia. Email: readinglights@gmail.com.)
dimuat di suplemen Kampus_PR tanggal 28 September 2006